Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran semester genap di SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.
Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.
Sekolah : SMA Al Azhar 3 Bdl Mata Pelajaran : Pend Kewarganegaraan |
Kelas : X IPA & IPS Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit |
Materi Pokok : |
KD : 3.7 dan 4.7 |
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pendekataan scientific learning dengan model pembelajaran inquiry based learning, discovery learning, dan problem based learning / projek based learning dan dengan metode pembelajaran discussion, experiment, dan presentation, peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasi masalah (problem statement ) tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara
2. Mengumpulkan data (data collection) tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara
Langkah-langkah Pembelajaran :
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara ceradas (gerakan literasi sekolah) untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar atau bahan tayang yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
· Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Konsep Wawasan Nusantara
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
· Mengamati
Ø lembar kerja materi Konsep Wawasan Nusantara
Ø pemberian contoh-contoh materi Konsep Wawasan Nusantara untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
· Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Membaca materi Konsep Wawasan Nusantara dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
· Mendengar
Pemberian materi Konsep Wawasan Nusantara oleh guru
· Menyimak,
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi Konsep Wawasan Nusantara, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
· Menulis dan Berbicara untuk : mengajukan pertanyaan tentang materi Konsep Wawasan Nusantarayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Konsep Wawasan Nusantara?
Ø Terdiri dari apakah Konsep Wawasan Nusantara tersebut?
Ø Seperti apakah Konsep Wawasan Nusantara tersebut?
Ø Bagaimana Konsep Wawasan Nusantara itu bekerja?
Ø Apa fungsi Konsep Wawasan Nusantara?
Ø Bagaimanakah materi Konsep Wawasan Nusantara itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
Tugas siswa :
Mengidentifikasi & memahami :
Arti pentingnya Wawasan Nusantara |
a. Konsep Wawasan Nusantara |
b. Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara |
c. Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar