Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran di kelas XI SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.
Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.
Sekolah : SMA Al Azhar 3 Bdl
Mata Pelajaran : PKN
Materi Pokok : Sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
Kelas : XI IPA 2
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
KD : 3.2 dan 4.2
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pendekataan scientific learning dengan model pembelajaran inquiry based learning, discovery learning, dan problem based learning / projek based learning dan dengan metode pembelajaran discussion, experiment, dan presentation, peserta didik dapat :
1.
Menjawab berbagai pertanyaan tentang pengertian dan macam-macam Demokrasi
2. Memprediksi, mendesain, memperkirakan, membuat hipotesa dari penemuan baru dalam diskusi klasikal tentang pengertian dan macam-macam Demokrasi
3. Mengolah / mengkreasikan informasi tentang pengertian dan macam-macam Demokrasi
4. Mempresentasikan tentang pengertian dan macam-macam Demokrasi
5. Menyimpulkan tentang pengertian dan macam-macam Demokrasi
Langkah - langkah pembelajaran :
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara ceradas (gerakan literasi sekolah) untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar atau bahan tayang yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
· Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi pengertian dan macam-macam Demokrasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
· Mengamati
Ø lembar kerja materi pengertian dan macam-macam Demokrasi
Ø pemberian contoh-contoh materi pengertian dan macam-macam Demokrasi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
· Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi pengertian dan macam-macam Demokrasi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
· Mendengar
pemberian materi pengertian dan macam-macam Demokrasi oleh guru
· Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi pengertian dan , macam-macam Demokrasi untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
· Menulis dan Berbicara untuk : mengajukan pertanyaantentang materi pengertian dan ciri-ciri masyarakat madani yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Demokrasi?
Ø
Menjelaskan macam-macam Demokrasi?
Ø Berikan contoh - contoh Demokrasi tersebut?
Ø Bagaimana Demokrasi dapat terbentuk?
Ø Apa fungsi Demokrasi?
Ø Bagaimanakah materi pengertian dan macam-macam Demokrasi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
Materi Pembelajaran :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar