Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran semester genap di SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.
Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.
Sekolah : SMA Al Azhar 3 Bdl Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan |
Kelas : X IPA 4 & 2, X IPS 1 Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit |
Materi Pokok : Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional |
KD : 3.5 dan 4.5 |
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Tujuan Pembelajaran :
3.5.1. Mengamati gambar tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku, media cetak maupun elektronik) tentang
Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
3.5.2. Mendefinisikan tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
3.5.3. Mengidentifikasikan tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
Langkah - Langkah Pembelajaran :
KEGIATAN LITERASI |
· Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Konsep Integrasi Nasional |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
· Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Konsep Integrasi Nasional |
COLLABORATION (KERJASAMA) |
· Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Konsep Integrasi Nasional |
Tugas siswa : (5.2) Hal 178
Menganalisis hubungan antara Integrasi Nasional dengan berbagai macam ancaman terhadap keutuhan NKRI (
Tidak ada komentar:
Posting Komentar