Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran semester genap di SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.
Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.
Sekolah : SMA Al Azhar 3 Bdl Mata Pelajaran : Pend Kewarganegaraan |
Kelas : X IPA 1 Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit |
Materi Pokok : Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan |
KD : 3.6 dan 4.6 |
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannyadi bidang ideologi, politik, ekonomi,sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pendekataan scientific learning dengan model pembelajaran inquiry based learning, discovery learning, dan problem based learning / projek based learning dan dengan metode pembelajaran discussion, experiment, dan presentation, peserta didik dapat :
Ø Menjawab berbagai pertanyaan tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Ø Memprediksi, mendesain, memperkirakan, membuat hipotesa dari penemuan baru dalam diskusi klasikal tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Ø Mengolah / mengkreasikan informasi tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Ø Mempresentasikan tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Ø Menyimpulkan tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Kegiatan Inti :
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara ceradas (gerakan literasi sekolah) untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar atau bahan tayang yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
· Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
· Mengamati
Ø lembar kerja materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Ø pemberian contoh-contoh materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
· Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Membaca materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara ceradas (gerakan literasi sekolah) untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar atau bahan tayang yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
· Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
· Mengamati
Ø lembar kerja materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Ø pemberian contoh-contoh materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
· Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Membaca materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
Menulis dan Berbicara untuk : mengajukan pertanyaan tentang materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamananyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan?
Ø Terdiri dari apakah Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan tersebut?
MATERI :
Ancaman Bidang ideologi
Bidang Ekonomi
Arus globalisasi memengaruhi pola konsumsi masyarakat terhadap produk luar negeri. Kondisi demikian merupakan salah satu contoh ketergantungan ekonomi antarnegara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar