Rabu, 02 Maret 2022

Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional

Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran semester genap di SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.

Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar  jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga  apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.

 

Sekolah                : SMA Al Azhar 3 Bdl

Mata Pelajaran    : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                   : X IPA 1

Alokasi Waktu    : 2 x 45 Menit

Materi Pokok      : Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional

KD                      : 3.5 dan 4.5

 

Kompetensi Dasar       :

 4.5 Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

 

Tujuan Pembelajaran : 

4.5.1   Menjawab berbagai pertanyaan tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

4.5.2 Memprediksi, mendesain, memperkirakan, membuat hipotesa dari penemuan baru dalam diskusi klasikal tentang      Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

4.5.3  Mengolah / mengkreasikan informasi tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

4.5.4 Mempresentasikan tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

4.5.5 Menyimpulkan tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

KEGIATAN LITERASI

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

COLLABORATION (KERJASAMA)

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

 

Indonesia punya semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu jua. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal yang mutlak untuk dilakukan.

Apalagi Indonesia adalah negara dengan beragam kebudayaan, suku, ras dan agama. Di sisi lain, letak Indonesia yang menjadi jalur transportasi banyak negara tak hanya mendatangkan keuntungan, tetapi juga ancaman.
Misalnya, masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan norma, masuknya obat-obatan terlarang, penggelapan barang, dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, peran serta warga dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sangat diperlukan.
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dapat dimulai dari hal kecil. Misalnya, tidak merusak lingkungan, menjaga ketertiban umum, menghindari perkelahian, menjunjung hak asasi manusia, menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Mengutip buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2019), untuk menjaga persatuan dan kesatuan dapat dilakukan dengan menumbuhkan karakter diri, seperti ketulusan, semangat persatuan, kesediaan berkorban, optimisme, dan usaha bela negara.
Menurut UU No. 3 tahun 2002, bela negara merupakan sikap dan perilaku warga yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945. Bela negara dapat berupa fisik dan non fisik.
Bela negara fisik merupakan pembelaan terhadap setiap hambatan, gangguan, halangan, dan tantangan yang dilakukan warga negara untuk melindungi bangsa dan negara. Sedangkan bela negara non fisik merupakan pembelaan berdasarkan hak, kewajiban, dan kehormatan melalui profesi dan kemampuan masing-masing warga untuk meningkatkan ketahanan nasional.
Menurut UU No. 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, keikutsertaan warga negara dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, yaitu:
  1. Pendidikan kewarganegaraan
  2. Pelatihan dasar kemiliteran
  3. Pengabdian sebagai Tentara Nasional Indonesia
  4. Pengabdian sesuai dengan keahlian atau profesi
Tugas siswa :

Ø  Apa yang dimaksud dengan Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa?

Ø  Terdiri dari apakah Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa tersebut?

Ø  Seperti apakah Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa tersebut?

Ø  Bagaimana Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa itu bekerja?



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasus Ancaman Terhadap Ipoleksosbudhankam

  KEGIATAN PEMBELAJARAN : Nama Guru          :     Susilawati, S.Sos Mata Pelajaran    :     PKN Kelas                      :     XI IPA 3,...