Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran semester genap di SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.
Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.
Sekolah : SMA Al Azhar 3 Bdl Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan |
Kelas : X IPS 2, IPA 3 Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit |
Materi Pokok : Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional |
KD : 3.5 dan 4.5 |
Kompetensi Dasar :
4.5 Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa
Tujuan Pembelajaran :
4.5.1 Menjawab berbagai pertanyaan tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa
4.5.2 Memprediksi, mendesain, memperkirakan, membuat hipotesa dari penemuan baru dalam diskusi klasikal tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa
4.5.3 Mengolah / mengkreasikan informasi tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa4.5.4 Mempresentasikan tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa
4.5.5 Menyimpulkan tentang Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa
KEGIATAN LITERASI |
· Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
· Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa |
COLLABORATION (KERJASAMA) |
· Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
· Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Peran Serta Warga Negara Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Indonesia punya semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu jua. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal yang mutlak untuk dilakukan.
- Pendidikan kewarganegaraan
- Pelatihan dasar kemiliteran
- Pengabdian sebagai Tentara Nasional Indonesia
- Pengabdian sesuai dengan keahlian atau profesi
Ø Apa yang dimaksud dengan Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa?
Ø Terdiri dari apakah Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa tersebut?
Ø Seperti apakah Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa tersebut?
Ø Bagaimana Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa itu bekerja?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar