Senin, 23 Agustus 2021

Pendidikan Anti Korupsi

Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki gerbang SMA Al Azhar 3 Bdl. Tentunya di awal pembelajaran dikelas 10 kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.

Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar  jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga  apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.

Materi PAK Kelas X IPA 3, IPA 1, IPA 5

3.2   Mengidentifikasi karakter jujur pada orang lain dan diri sendiri

Indikator :

3.2.1  Peserta didik dapat mengidentifikasikan karakter jujur sebagai karakter utama yang perlu dimiliki

3.2.2  Peserta didik dapat menyadari pentingnya memupuk dan memelihara karakter jujur

JUJUR

 

Bersikap baik kepada orang lain, tetapi tidak dilandasi kejujuran adalah kemunafikan dan racun bagi diri sendiri. Tidak jujur berarti tidak seiya-sekata dan itu berarti orang yang tidak jujur belum sanggup mengambil sikap yang lurus. Orang yang tidak lurus, tidak enempatkan dirinya sebagai titik tolak, tetapi lebih mengutamakan apa yang diperkirakan diharapkan oleh orang lain. Kejujuran dimulai dari lingkungan yang terdekat, yakni dari diri sendiri, keluarga, kelas, sekolah dan tempat tinggal. Ibarat bola salju, pribadi jujur akan menggelinding terus membentuk keluarga yang jujur. Keluarga yang jujur menggelinding terus membentuk lingkungan tempat tinggal terdekat yang jujur. Lingkungan yang jujur menggelinding terus tak tertahankan akan membentuk masyarakat yang jujur dan masyarakat jujur seperti itu pada akhirnya akan mampu membangun karakter bangsa yang jujur. Contoh dalam hal ini adalah bangsa Finlandia. Kata-kata kunci kejujuran adalah berkata dan bertindak benar, lurus hati, terhormat, terbuka, menghargai diri sendiri, dapat dipercaya, memiliki niat yang lurus terhadap setiap tindakan (Bahri, 2008: 15; Tamrin, 2008: 16). Kejujuran ibarat naik sepeda, perlu latihan untuk bisa terampil. Dalam kehidupan sekolah, nilai kejujuran dapat diwujudkan oleh peserta didik , dengan tidak melakukan kecurangan akademik, seperti tidak berbohong kepada guru dan dosen, tidak mencontek saat ujian, tidak melakukan plagiarisme, dan tidak memalsukan nilai. Jujur :

 a) Berkata benar

b) Bertindak benar

c) Terbuka

d) Menghargai diri senddiri

Kejujuran merupakan hal yang tidak terbatas dan sangat menentukan dan dapat menjadi pendorong kita, melampaui yang kita perkirakan. Kejujuran juga lebih berat dan susah dari yang kita bayangkan. Karena budaya kita memahami dan membelokkan makna Kejujuran yang sebenarnya menjadi “bagikan pendapat dan perasaan kamu”, dengan mengatakan kepada orang lain tentang hal yang tidak membuat nadi dan hati kita tidak berdebar (kalau menyatakan sesuatu dengan hati berdebar, dan tekanan darah naik berati tidak jujur). Hal yang diyakini dan dipahami oleh budaya kita itu bukanlah bertolak belakang dengan dengan makna sebenarnya dari Kejujuran; melainkan  yang dipahami budaya tersebut adalah kebalikan dari rasa malu, atau ketidakmaluan. Kejujuran yang dipahami secara dangkal mengarah ke “berbagi”; Kejujuran yang dipahami secara dalam akan mengarah ke Kebenaran. Kejujuran yang dipahami secara dangkal dinyatakan dihadapan kehadiran orang lain; sedangkan Kejujuran yang dipahami secara dalam dinyatakan dihadapan kehadiran Tuhan (dan sudah pasti dihadapan hati kita sendiri masing-masing).

Tat Twam Asi adalah ajaran moral yang bernafaskan ajaran agama Hindu. Wujud nyata dari ajaran ini dapat kita lihat dalam kehidupan dan prilaku dan prilaku keseharian dalam umat manusia. Manusia dalam hidupnya memiliki berbagai macam kebutuhan hidup yang dimotifasi oleh keinginan (Kama) manusia itu sendiri. Manusia sebagai mahluk hidup itu banyak jenis,sifat dan ragamnya, seperti manusia sebagai mahluk individu,sosial, relligius, ekonomis, budayadan lain sebagainya. Semua itu harus dapat dipenuhi oleh manusia secara menyeluruh dan bersamaan tanpa memperhitungkan situasi dan kondisinya serta keterbatasan yang dimilikinya, betapa susah yang dirasakan oleh setiap individu. 

 Penilaian Pengetahuan

1.      Tuliskan 4 definisi jujur ?

2.      Berilah contohnya dilingkungan sekolah ?

 

 

30 komentar:

  1. Saqinah zasqiah salsabillah
    X.ipa 3
    Tanggal/jam:23 agustus 2021/09.07

    BalasHapus
  2. Shofiy Fadiyah
    X IPA 3
    23 agustus 2021/09.12

    BalasHapus
  3. Arya Roem Akbar
    X IPA 3
    tanggal/jam : 23 agustus 2021/9.12

    BalasHapus
  4. La vecchia ozza aqeela
    X IPA 3
    Tanggal/jam: 23 Agustus 2021/9.15

    BalasHapus
  5. Yonata joli
    X IPA 3
    Tanggal/jam: 23 agustus 2021/09.17

    BalasHapus
  6. Aulia Iqomatul Adillah
    X IPA 3
    Tanggal/Jam: 23 Agustus 2021/09.19

    BalasHapus
  7. Putri mayori khairunnisa
    X IPA 3
    Tanggal/Jam: 23 Agustus 2021/09.22

    BalasHapus
  8. Indri sentiawan
    X ipa 3
    Tanggal/jam:23 agustus/09.22

    BalasHapus
  9. Andini Nailah Zhafirah
    X IPA 3
    Tanggal/Jam: 23 Agustus 2021/09.48

    BalasHapus
  10. M.Rafi fazli Al hesa
    X IPA 3
    Tanggal/Jam: 23 Agustus 2021/09.50

    BalasHapus
  11. Rafeifa Alya
    X IPA 3
    Tanggal: Senin, 23 Agustus 2021 | jam: 09.53

    BalasHapus
  12. alyaa raisya rahmadhani
    Xipa5

    BalasHapus

Kasus Ancaman Terhadap Ipoleksosbudhankam

  KEGIATAN PEMBELAJARAN : Nama Guru          :     Susilawati, S.Sos Mata Pelajaran    :     PKN Kelas                      :     XI IPA 3,...