Selasa, 01 Maret 2022

Dinamika Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Sebagai Upaya Menjaga Dan Mempertahankan NKRI

Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran semester genap di SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.

Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar  jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga  apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.    

Sekolah                                   :    SMA AL AZHAR 3 Bandar Lampung

Mata Pelajaran                          Pendidikan Kewarganegaraan 

Kelas/Semester                          XII IPA 2 / Genap

Materi Pokok                          :    Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

Alokasi Waktu                         :  2 Jam pelajaran @ 45 Menit

 

Kompetensi Dasar :

 3.4   Mengevaluasi Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia


 

Tujuan Pembelajaran :

 

 Menganalisis dan mengevaluasi Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia


 

Langkah - langkah pembelajaran :

 

KEGIATAN LITERASI

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia

COLLABORATION (KERJASAMA)

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami


 









Tugas siswa :

  •  Menjelaskan karakteristik negara kesatuan Republik Indonesia
  • Jelaskan faktor penghambat terwujudnya persatuan & kesatuan bangsa
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasus Ancaman Terhadap Ipoleksosbudhankam

  KEGIATAN PEMBELAJARAN : Nama Guru          :     Susilawati, S.Sos Mata Pelajaran    :     PKN Kelas                      :     XI IPA 3,...