Jumat, 25 Maret 2022

Ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaian dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran semester genap di SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.

Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar  jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga  apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua.

 

Sekolah               : SMA Al Azhar 3 Bdl

Mata Pelajaran    : Pend Kewarganegaraan

Kelas                   : X IPA 2, IPA 4

Alokasi Waktu    : 2 x 45 Menit

Materi Pokok      : Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan


KD                      : 3.6 dan 4.6

Kompetensi Dasar :

3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannyadi bidang ideologi, politik, ekonomi,sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika


Tujuan Pembelajaran : 

 

 Melalui pendekataan scientific learning dengan model pembelajaran inquiry based learning, discovery learning, dan problem  based learning / projek based learning  dan dengan metode pembelajaran discussion, experiment, dan presentation, peserta didik dapat :

Ø  Menjawab berbagai pertanyaan tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

Ø  Memprediksi, mendesain, memperkirakan, membuat hipotesa dari penemuan baru dalam diskusi klasikal tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

Ø  Mengolah / mengkreasikan informasi tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

Ø  Mempresentasikan tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

Ø  Menyimpulkan tentang Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

 Kegiatan Inti :

 Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara ceradas (gerakan literasi sekolah) untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar atau bahan tayang yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,

·        Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”

·        Mengamati

Ø  lembar kerja materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

Ø  pemberian contoh-contoh materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

·        Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

Membaca materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara ceradas (gerakan literasi sekolah) untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar atau bahan tayang yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,

·        Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”

·        Mengamati

Ø  lembar kerja materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

Ø  pemberian contoh-contoh materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

·        Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

Membaca materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan

     Menulis dan Berbicara untuk : mengajukan pertanyaan tentang materi Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamananyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :

Ø  Apa yang dimaksud dengan Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan?

Ø  Terdiri dari apakah Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan tersebut? 

MATERI :

Ancaman Bidang ideologi

Ancaman di bidang ideologi memungkinkan memengaruhi pemikiran dan pandangan masyarakat terhadap ideologi bangsa Indonesia, yakni Pancasila. Apabila ancaman ini terus dibiarkan, dikhawatirkan dapat menimbulkan disintegrasi nasional.
Berikut akibat yang ditimbulkan dari adanya ancaman di bidang ideologi:
  • Lemahnya pemahaman masyarakat terhadap ideologi Pancasila
  • Perilaku masyarakat tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Munculnya disintegrasi yang ditandai dengan gerakan separatis akibat perbedaan pandangan dan pemikiran (ideologi)
     
     Bidang Politik
    Ancaman di bidang politik dapat muncul dari dalam maupun luar negeri. Ancaman politik dalam negeri biasanya berupa pengerahan massa untuk menurunkan pemerintahan yang berkuasa. Sedangkan ancaman politik luar negeri berupa blokade politik, provokasi, dan intimidasi.

    Bidang Ekonomi 

    Arus globalisasi memengaruhi pola konsumsi masyarakat terhadap produk luar negeri. Kondisi demikian merupakan salah satu contoh ketergantungan ekonomi antarnegara.

    Kondisi ini diperparah dengan adanya perdagangan bebas yang memudahkan investor asing untuk menanamkan modal di suatu negara, tidak terkecuali Indonesia.
    Jika kondisi tersebut dibiarkan, pengaruh asing dikhawatirkan dapat menjajah perekonomian negara.

     

     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Kasus Ancaman Terhadap Ipoleksosbudhankam

      KEGIATAN PEMBELAJARAN : Nama Guru          :     Susilawati, S.Sos Mata Pelajaran    :     PKN Kelas                      :     XI IPA 3,...