Kamis, 03 Februari 2022

Globalisasi dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Hari / tanggal              : Kamis, 3 / 2 /2022

Kelas                           : XII IPA 3 & XII IPA 1

Mata Pelajaran            : PKN

Materi                         : Sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK

                                     

Kompetensi Dasar       :

 3.3          Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.3          Mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 Tujuan Pembelajaran : 

 Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai ke-Tuhanan Yang Maha Esa

·         Bertanggungjawab dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Mengidentifikasi dari berbagai sumber pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap Negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Mengidentifikasi dengan menggunakan high-order-thinking skills  (HOTS) tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEKterhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Menelaah data dari berbagai sumber tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Mengevaluasi dan mengelompokan pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEKterhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Menyajikan hasil evaluasi dan  membuat vidio tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEKterhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 Assalamualaikum wr wb. Hai anak - anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki semester genap kelas. Tentunya di semester ini kalian harus rajin belajar karena masa depan ada di depan kalian. Dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang.

Baiklah seperti kbm kita yang lalu sebelum memulai pembelajaran ibu ingatkan kepada kalian  sebelum memulai kbm jangan lupa sholat dhuha terlebih dahulu. Selanjutnya sebagai muslim kalian jangan meninggalkan sholat 5 waktu sebagai kewajiban kita kepada Allah SWT.

Pertemuan ke 4 Kelas XII IPA 3 & XII IPA 1

Langkah-langkah Pembelajaran :

 Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

@ Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Ø Sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Materi Pembelajaran 

 

·    


Berikut ini adalah sikap selektif dalam menghadapi perkembangan IPTEK di bidang politik :
  • Menggunakan media sosial dengan bijak tanpa menyebarkan atau mengambil isu yang tidak benar atau menghujat terutama dalam masalah politik
  • Berpegang teguh pada Pancasila
  • Saling bertoleransi dengan orang lain yang masih tertinggal dan membantunya dengan bijak dan ikhlas
  • Berinovasi dan berusaha membuka jendela dunia denga adanya kemajuan IPTEK
  • Tidak mudah terpengaruh dengan berita hoax mengenai politik yang tersebar melalui media sosial

    Berikut dibawah ini Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK yang mesti dipilih dan dilaksanakan yaitu :

    1. Masyarakat dan negara dapat menolak pengaruh Kemajuan IPTEK

    Menolak dengan tegas semuanya dari pengaruh perkembangan, kemajuan dan perkembangan Iptek di semua bidang kehidupan berbangsa dan bernegara di masyarakat.

    2. Masyarakat dan negara menerima dengan sepenuhnya

    Dimana semua masyarakat yang ada di suatu negara dapat menerima semuanya pengaruh dari kemajuan Iptek dalam kehidupan sehari harinya. 

    Dalam semua bidang, sektor, aspek kehidupan berbangsa dan bernegaranya. 

    Yang mana penerimaan sepenuhnya ini tanpa adanya melakukan penyaringan terhadap kemajuan Iptek tersebut terlebih dahulu

          3. Dapat bersikap selektif

          Dimana dengan adanya kemajuan Iptek di dalam kehidupan sehari hari masyarakat. Yang mana masyarakat dan negara bersikap selektif terhadap pengaruh dari perkembangan Iptek. 

Yaitu dengan mengambil hal positif dari kemajuan Iptek untuk kemajuan dan kepentingan pemenuhan kebutuhannya. 

Serta menghindari dan menjauhkan diri pada pengaruh negatif yang membawa dampak buruk bagi keberlangsungan peradaban manusia itu sendiri. 

Contohnya di Masyarakat

Contohnya dalam pemanfaatan internet dan smartphone untuk dapat digunakan dalam mendukung jual beli, untuk berbisnis, belajar online, serta contoh lainnya.

Bukan malah menghabiskan waktu hanya untuk menonton hal hal yang tidak penting di media sosial, serta bermain game secara berlebihan tanpa batas waktu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasus Ancaman Terhadap Ipoleksosbudhankam

  KEGIATAN PEMBELAJARAN : Nama Guru          :     Susilawati, S.Sos Mata Pelajaran    :     PKN Kelas                      :     XI IPA 3,...