Kamis, 10 November 2022

Kewenangan Lembaga - lembaga Negara menurut UUD NRI 1945

Assalamualaikum wr wb. Hai anak anak ku yang ibu sayangi alhamdulillah kalian sudah memasuki pembelajaran di kelas X SMA Al Azhar 3 Bdl. Semoga kalian semakin dewasa dalam berfikir dan cerdas dalam menentukan sikap kalian untuk meraih masa depan yang gemilang. 

Baiklah sebelum kalian memulai pembelajaran, ibu mengingatkan kepada kalian sebagai siswa /i SMA Al Azhar jangan lupa melaksanakan sholat 5 waktu karena dengan sholat akan membuat ketenangan dalam hati, jiwa dan raga kalian sehingga apapun yang kalian kerjakan insyaallah mendapatkan pahala & barokah dari Allah SWT.Selanjutnya sebelum kalian memulai aktifitas pada pagi hari ini diawali dahulu dengan melaksanakan sholat dhuha semoga pintu - pintu rezeki pagi ini akan terbuka untuk kalian semua. 

Sekolah            : SMA Al Azhar 3 Bdl

Mata Pelajaran : PKN

Materi Pokok   : Menganalisis lembaga Suprastruktur & Infrastruktur Politik

Kelas                : X IPA 4

Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

KD                   : 3.3 dan 4.3

Tujuan Pembelajaran :

Melalui pendekataan scientific learning dengan model pembelajaran inquiry based learning, discovery learning, dan problem  based learning / projek based learning  dan dengan metode pembelajaran discussion, experiment, dan presentation, peserta didik dapat :

Ø  Menjawab berbagai pertanyaan tentang Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

Ø  Memprediksi, mendesain, memperkirakan, membuat hipotesa dari penemuan baru dalam diskusi klasikal tentang Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

Ø  Mengolah / mengkreasikan informasi tentang Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

Ø  Mempresentasikan tentang Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

Ø  Menyimpulkan tentang Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

 

Langkah - langkah pembelajaran:

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara ceradas (gerakan literasi sekolah) untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar atau bahan tayang yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,

·        Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”

·        Mengamati

Ø  lembar kerja materi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

Ø  pemberian contoh-contoh materi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

·        Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

Membaca materi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan

·        Mendengar

Pemberian materi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia oleh guru

·        Menyimak,

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai materi  Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

·        Menulis dan Berbicara untuk : mengajukan pertanyaan tentang materi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesiayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :

Ø  Apa yang dimaksud dengan Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia?

Ø  Terdiri dari apakah Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia tersebut?

Ø  Seperti apakah Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia tersebut?

Ø  Bagaimana Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia itu bekerja?

Ø  Apa fungsi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia?

Ø  Bagaimanakah materi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Materi Pembelajaran :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasus Ancaman Terhadap Ipoleksosbudhankam

  KEGIATAN PEMBELAJARAN : Nama Guru          :     Susilawati, S.Sos Mata Pelajaran    :     PKN Kelas                      :     XI IPA 3,...