Selasa, 15 September 2020

Perlindungan dan Penegakkan Hukum dalam masyarakat

Hai anak anak ku yang sholeh & sholeha.
Hari ini kita lanjutkan materi pembelajaran kita tentang Perlindungan dan Penegakkan Hukum dalam masyarakat.

Tujuan pembelajaran agar siswa dapat menjelaskan hakikat Hukum.
Jangan lupa diawali dengan berdoa terlebih dahulu.
Silahkan kalian pelajari dan pahami materi ini selanjutnya buat resume tentang macam-macam Hukum.

Materi PKN Kelas XII IPA 2









1 komentar:

  1. Della Ramadhanti
    12 IPA 2
    Penggolongan hukum menurut sumbernya adalah: 
    1. Hukum Undang-undang, yakni hukum yang sifatnya tercatat pada peraturan perundang-undangan sebuah negara, contohnya undang-undang mengenai Hak Asasi Manusia.
    2. Hukum adat merupakan hukum yang melekat pada peraturan adat di wilayah tertentu, contohnya hukum adat di Minangkabau soal harta warisan.
    3. Hukum traktat, adalah jenis hukum yang merupakan hasil perjanjian dari negara-negara yang terlibat di dalamnya. Contohnya UNCLOS atau Konvensi Hukum Laut yang disepakati sebagian besar negara di dunia.
    4. Hukum Doktrin, adalah hukum yang diambil dari pendapat ahli karena pengetahuannya yang luas. Contoh keterangan saksi ahli dari kalangan hukum di dalam pengadilan.
    5. Hukum jurispridensi yakni hukum yang dibentuk oleh keputusan hakim.

    Penggolongan hukum berdasarkan cara mempertahankannya:
    1. Hukum material adalah jenis hukum yang mengatur hubungan antara anggota masyarakat yang berlaku secara umum mengenai hal-hal yang dilarang serta hal-hal yang dibolehkan untuk dilakukan. Contohnya adalah hukum pidana, hukum perdata, hukum dagang dan sebagainya.
    2. Hukum formal adalah jenis hukum yang mengatur tentang bagaimana cara mempertahankan dan melaksanakan hukum material. Contohnya adalah Hukum Acara Pidana (KUHAP), Hukum Acara Perdata, dan sebagainya.

    BalasHapus

Kasus Ancaman Terhadap Ipoleksosbudhankam

  KEGIATAN PEMBELAJARAN : Nama Guru          :     Susilawati, S.Sos Mata Pelajaran    :     PKN Kelas                      :     XI IPA 3,...